Audio

Pertama-tama mungkin tidak sering terpikirkan oleh kita mengenai pertanyaan “Apa sih bedanya suara dan audio?”. Jawabannya ya susah-susah tapi gampang. Tapi pertanyaan ini akan mengantarkan kita ke topik selanjutnya yang lebih dalam mengenai Audio.

Suara dan audio itu memiliki perbedaan. Suara adalah suatu partikel yang bergetar yang getarannya dapat ditangkap oleh telinga kita. Sedangkan audio adalah suara yang dapat didengar oleh manusia. Suara yang tidak dapat didengar manusia yaitu suara dengan frekuensi di luar rentang 20 sampai 20000 hertz. Terdapat juga istilah noise yaitu suara yang tidak beraturan atau suara yang tidak dapat didengar manusia.

 

Audio analog dan digital

Untuk mengubah suara dari analog menjadi digital dibutuhkan suatu proses dengan alat yang bernama Analog to Digital Converter (ADC). Suara analog pertama-tama difilterisasi terlebih dahulu untuk menghilangkan noise. Setelah difilter, dilakukan sampling untuk mengubah sinyal-sinyal kontinyu menjadi sinyal-sinyal diskrit. Setelah sampling, dilakukan quantisasi untuk memberikan batas sample yang telah dilakukan pada saat sampling. Kemudian terbentuklah suara digital.

Proses sampling membagi suatu gelombang pada kurun waktu tertentu menjadi beberapa titik-titik sample. Titik-titik ini memotong amplitudo gelombang pada setiap waktu kemudian dihubungkan satu sama lain sehingga grafik tidak lagi berbentuk sinusoidal (kontinyu) akan tetapi berbentuk kotak-kotak.

Sample rate merupakan jumlah gelombang pada suatu kurun waktu. Sample rate ini biasanya sejumlah dua kali frekuensi suatu gelombang. Sample rate diusahakan tidak lebih kecil dari frekuensi gelombang karena akan didapatkan bentukan digital yang tidak sesuai dengan analog asalnya.

Channel terbagi menjadi stereo dan mono. Stereo itu audio yang keluar dari dua sisi, kiri dan kanan. Dengan channel stereo, orang bisa mendengar rekaman langkah kaki seolah-olah terdengar melangkah dari kanan ke kiri.

Dengan perhitungan tertentu, dapat didapat ukuran memori dai suatu Audio CD karena format memorinya tetap yaitu 16 bit dengan sample rate sebesar 44100 hz dan memiliki channel stereo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s