Memasang dan Memainkan mp3 sebagai BGM di Windows Phone

Windows Phone merupakan device yang sedikit sulit untuk dieksplorasi karena di media pencarian Google tidak terlalu banyak artikel atau forum yang membahas mengenai pengembangannya dibandingkan dengan Android. Terutama untuk kata kunci mengenai teknologi yang sedikit menyentuh multimedia, akan sedikit kesulitan bagi pengembang apabila tidak menemukan referensi atau tempat bertanya.

Akhir-akhir ini saya ingin menambahkan fitur untuk memainkan BGM untuk game yang saya dan teman-teman kembangkan. Akan tetapi saya ingin memainkan file mp3 yang ketika dicari di media pencarian justru sangat sulit. Bahkan saya harus membaca satu persatu forum yang tidak memberikan solusi mengenai permasalahan ini. Namun alhasil, setelah dicari dengan teliti akhirnya ditemukan pembahasan yang agak  implisit dan akhirnya membuat saya mengerti dan bisa menerapkannya dalam Windows Phone. Entah saya yang tidak mudah mengerti atau memang sulit ditemukan tutorialnya, namun semoga tutorial ini bermanfaat…

Dalam kasus ini saya menggunakan project Silverlight XNA Windows Phone versi Manggo.

File mp3 di Windows Phone dapat diinclude ke dalam project dan sebaiknya disimpan dalam folder referensi agar dapat dipanggil. Berikut cara-caranya :

1. Masukkan file mp3 ke dalam project.

2. Atur properties apakah musik tersebut ingin dimainkan dengan kualitas yang bagus atau rendah, namun contentnya harus tetap dalam tipe Song.

3. Buat variabel yang atributnya Song, misal : ” Song bg_sound; ”

4. Load content kedalamnya berdasarkan lokasi file mp3, ” bg_sound = content.Load<Song>(@”.audiobg-gameplay”); ”

keterangan : content merupakan Content Manager si aplikasi itu sendiri, dapat diubah sesuai dengan variabel content manager yang didefinisikan

5. Lakukan framework update terlebih dahulu sebelum memainkan mp3, ” Framework.Dispatcher.Update(); ”

6. Untuk menjalankan mp3, gunakan perintah Play(), misal : ” MediaPlayer.Play(bg_sound); ”

7. Untuk set mp3 agar looping, gunakan perintah : ” MediaPlayer.IsRepeating = true; ”

 

Setelah point nomor 6 dilakukan, file mp3 akan mulai dimainkan.

Semoga bermanfaat…

 

