VLIW

Topik yang akan dibahas disini adalah mengenai arsitektur prosesor superscalar dan VLIW. Keduanya merupakan arsitektur prosesor yang semakin berkembang hingga kini.

Superscalar prosesor merupakan arsitektur prosesor yang memungkinkan untuk menjalankan beberapa instruksi secara terpisah. Begitu menguntungkan bila dipakai sebagai arsitektur komputer. Namun mari kita lihat lebih dalam lagi.

Berikut keuntungannya:

  1. Memungkinkan melakukan instruksi secara paralel.
  2. Mengerjakan instruksi sebanyak mungkin secara paralel
  3. Memungkinkan register renaming.

Berikut kerugiannya:

  1. Sangat kompleks. Dibutuhkan banyak hardware untuk run-time.
  2. Window of execution terbatas. Batasan ini mengakibatkan terbatasnya juga kapasitas untuk memungkinkan paralelisme.

Kekurangan dari Superscalar ini bisa diatasi dengan arsitektur lain. VLIW adalah singkatan dari Very Large Instruction Word. VLIW ini merupakan alternatif untuk mengatasi kekurangan dari Superscalar Processor. Dengan fungsionalitas yang sama, VLIW dapat menutupi kekurangan dari Superscalar.

Berikut keuntungannya:

  1. Hardware yang lebih sederhana karena tidak dibutuhkan saat run-time. Keperluan hardware digantikan oleh FU dengan fungsionalitas yang sama.
  2. Window of execution terselesaikan. Compiler bisa menganalisis sendiri program secara keseluruhan untuk mendeteksi kemungkinan paralelisme.

Namun kerugiannya:

  1. Register diperlukan dalam jumlah yang banyak untuk menyimpan operand dan hasilnya secara aktif.
  2. Kapasitas transportasi data dibutuhkan dalam jumlah yang banyak untuk ditempatkan di antara FU dan file register, dan di antara file register dan memory.

Oleh karena itu, VLIW merupakan suatu alternatif untuk mengatasi kompleksitas dari Superscalar dengan cara memberikan hak kepada compiler untuk melakukan pendeteksian paralelisme dengan kekurangan dan kelebihannya.

Demikian, semoga bermanfaat, tulisan di atas merupakan pembahasan dari seseorang yang ingin tahu lebih banyak mengenai arsitektur komputer. Apabila ada kesalahan, dengan senang hati penulis ingin menerima masukkan ataupun kritik.

Terima kasih

 

Advertisements